- -

Kebersamaan

Oleh : Ulfa Roshi Ashida

Kebersamaan. Satu kata yang mungkin sulit untuk didapatkan, meskipun seringkali orang mengatakan. Hari ini, adalah hari dimana aku mengerti betapa indahnya kebersamaan itu. Saat-saat bercanda, tertawa dan berbagi bersama meskipun dalam bentuk yang sederhana. Jujur, ini sangat mengesankan dan mungkin tak akan terlupakan seumur hidup.

Dimulai dari rencana untuk bersilaturrahmi dengan Bapak dan Ibu Guru masa SD. Menurut rencana kami akan berangkat jam 08.30, tapi sayangnya ngaret sampe’ jam 09.15 (maklum, Indonesia). Ini adalah kali pertama kami bersilaturrahmi dengan guru SD secara keseluruhan sejak lulus tahun 2006 yang lalu. Kami cukup menikmati ini, karena kami bisa kembali mengenang masa-masa dulu kami SD. Waktu saling mengejek dan menertawakan. Sebelum pulang, kami menyempatkan diri untuk foto bersama dengan beberapa guru SD kami. Kami pulang pada pukul 11.30. Kami sempat mampir ke rumah salah satu sahabatku sebelum akhirnya teman-teman memutuskan untuk main ke rumahku.



Awalnya kami tak ada rencana apapun, tapi tiba-tiba tercetus ide dalam kepala kami untuk melakukan sesuatu. Kamiakan pesta bakar ikan (hehe.. anggep aja gitu). Karena acara bakar ikan ini butuh ikan (ya pastilah !!). Kami (hanya beberapa sih.. hehe…) mancing ikan di samping rumahku. Setelah mendapat cukup banyak ikan, kami pindah ke sebelah timur rumahku untuk memulai pesta ini. Dari mencuci ikan, membuat bara api sampai membuat sambal kami melakukannya sendiri (prok..prok..prok..). Satu pekerjaan yang mungkin sangat jarang kami lakukan di rumah sendiri (hehehe.. J tau aja !!).

Seru, heboh dan penuh tawa. Itulah gambaran ketika kami membakar ikan. Namun, ditengah keasyikan membakar salah seorang teman kami, Miss. Fa. Tiba-tiba mengeluh kakinya kram. Mr. Ta yang sedang mengipas ikan yang sedang dibakar langsung melepaskan kipas dan menarik kaki Miss. Fa dan memijatnya (wuihh… so sweet ♥). Jujur, aku salut dengan Mr. Ta, disaat semua orang tak percaya dengan Miss. F (tertawa sih waktu bilang kakinya kram… hehe.. J) Mr. Ta adalah orang pertama yang langsung percaya (prok prok prok !!). Tapi, kelucuan justru terjadi disini (lah.. tegang kok malah lucu sih ??). Saat Miss. Fa kesakitan, Mr. Ar menyiramnya dengan air. Miss. Ty yang kebetulan duduk disampingnya berteriak “garam! garam!” (nah lo ! apa hubungannya dengan garam ??) dan secara spontan juga Mr. Ta langsung mengambil garam dengan tangannya dan langsung mengoles dikaki Miss. Fa ditambah dengan Mr. Ar yang juga menaburinya dengan garam. Miss. Fa langsung melayangkan protes “emange kakiku ki ular po piye ? kok malah dilabur garam ?!”. Kontan kami langsung tertawa, padahal maksud Miss. Ty tadi adalah menyuruh mengambil garam yang kebetulan hampir terinjak kaki Miss. F dan tersiram air. Sungguh ! satu kejadian yang sangat lucu, kami sampai tak berhenti untuk tertawa. (untuk Miss. Fa sorry ya, n makasih uda ngehibur kita tadi.. hehe..)

Ikan matang. Kami langsung menikmatinya. Lagi-lagi Mr. Ta dan Miss. Fa membuat kita semua iri. Karena mereka berdua sangat so sweet saat makan. Bahkan mereka tak sadar jika aku (Miss. Ul) dan Miss. Mi mengabadikan moment itu (hehe.. kesempatan langka!). Namun, karena sudah terlanjur mereka tetap meneruskan.

Meskipun sederhana, tapi aku merasa ini adalah kebersamaan yang paling indah. Tak ada rencana, tapi bisa menjadi sesuatu yang berkesan. Thanks a lot buat temen-temen semua, wabil khusus yang punya ide karena bisa tercipta kebersamaan yang langka ini. Meski tak lama lagi kita akan berpisah, tapi moment seperti ini jangan sampai dilupakan. Tetap terus menciptakan kebersamaan indah dilain kesempatan. Dan semoga ini menjadi sedikit suntikan semangat untuk menghadapi UN besok senin.
Tetap lakukan yang terbaik. Kita pasti bisa !!

Karya : Ulfa Roshi Ashida
Kader IMM Komisariat Ekstra UM
2012

Leave a Reply